Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur Tahun 2014

Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur Tahun 2014

Selasa, 16 Agustus 2011

SK-KMP Per Bidang


1. Mata Pelajaran
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran ( SK-KMP) untuk masing- masing bidang adalah sebagai berikut :
1.1 Pendidikan Agama bertujuan untuk :
1) Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja.
2) Menerapkan nilai-nilai kejujuran dan keadilan.
3) Memahami keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi.
4) Kerkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun yang mencerminkan harkat dan martabat sebagai makhluk hidup.
5) Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntunan agamanya.
6) Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan secara bertanggung jawab.
7) Menghargai perbedaan pendapat dalam menjalankan ajaran agama.
1.2 Kewarganegaraan dan Kepribadian, bertujuan untuk :
1) Menerapkan kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakar, berbangsa dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2) Mematuhi aturan-aturan sosial, hukum dan perundangan.
3) Menghargaai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional.
4) Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.
5) Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
6) Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun.
7) Menunjukkan sikap percaya diri.
8) Menunjukkan sikap kegemaran membaca dan menulis.
9) Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai degan potensi yang dimilikinya.
10) Menghargai tugas pekerjaan dan memilki kemampuan untuk berkarya.
11) Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, dan aman dalam kehidupan seharai-hari.
12) Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
13) Menghargai adanya perbedaan pendapat.
14) Menghargai karya seni dan budaya nasional Indonesia.
1.3 Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, bertujuan untuk :
1) Mencarai dan menerapkan informasi secara logis, kritis dan kreatif.
2) Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis dan kreatif.
3) Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
4) Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan seharai-hari.
5) Mendeskripsi gejala alam dan sosial.
6) Memanfaatkan lingkungan secara bertangung jawab.
7) Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya.
8) Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang.
9) Memiliki ketrampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana.
10) Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah.
1.4 Estetika, bertujuan untuk :
1) Memanfaatkan lingkungan untuk kegiatan apresiasi seni.
2) Menghargai karya seni, budaya, dan ketrampilan sesuai dengan kekhasan lokal’
3) Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni.
1.5 Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan, bertujuan untuk :
1) Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang dengan memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.
2) Mencari dan menerapkan berbagai informasi tentang potensi sumber daya local untuk menunjang hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang.
2. Muatan Lokal
Sesuai surat keputusan Gubernur Jawa Timur dan tentang penetapan muatan lokal sebagai berikut :
a. Bahasa daerah (Jawa) sebagai upaya mempertahankan nilai-nilai budaya (Jawa) masyarakat setempat dalam wujud komunikasi, hasil karya dan apresiasi sastra.
b. Baca Tulis Al Quran sebagai upaya untuk mempraktikkan membaca al quran dengan baik dan benar.
c. Pelaksanaan pembelajaran muatan lokal dialokasikan dua jam pelajaran setiap minggu.
3. Kegiatan Pengembangan Diri
Berdasarkan kondisi obyektif sekolah, kegiatan pengembangan diri yang dipilih dan ditetapkan sebagai berikut :
a. Kegiatan Pelayanan Konseling, bertujuan untuk memberi layanan :
1). Kesulitan belajar siswa;
2). Pengembangan karier siswa;
3). Pemilihan jenjang pendidikan yang lebih tinggi bersifat umum atau
kejuruan;
4). Masalah dalam kehidupan sosial siswa.
b. Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, bertujuan :
1). Melatih siswa dalam berorganisasi;
2). Mempersiapkan siswa untuk menjadi pemimpin yang handal;
3). Melatih siswa untuk bersikap demokratis;
4). Melatih siswa belajar mengambil keputusan dengan tepat.
c. Kepramukaan, bertujuan untuk :
1). Sebagai wahana untuk berlatih berorganisasi;
2). Melatih siswa agar terampil dan mandiri;
3). Melatih siswa untuk mempertahankan hidup;
4). Mengembangkan jiwa sosial dan peduli kepada orang lain;
5). Mengembangkan sikap kerjasama;
6). Melatih siswa untuk menyelesaikan masalah dengan tepat.
Kompetensi dasar kepramukaan adalah :
a. Ketrampilan Dasar
b. Peraturan Baris – Berbaris (PBB)
c. Permainan Kelompok / Game
d. Tali temali
e. Morse dan sandi
d. Palang Merah Remaja ( PMR ), bertujuan untuk :
1). Melatih praktik PPPK;
2). Mengembangkan jiwa sosial dan peduli kepada orang lain;
3). Mengembangkan sikap kerjasama;
4). Membiasakan hidup sehat melalui UKS.
Kompetensi dasar PMR adalah :
a. Mampu menguraikan sejarak “Palang Merah” baik Palang Merah Internasional maupun Palang Marah Indonesia
b. Mampu mempraktekkan “Pertolongan Pertama” meliputi penangan medis, pembalutan, dan pembidaian
c. Mampu mempraktekkan “Perawatan Keluarga” meliputi menghitung denyut nadi, mengukur suhu, perawatan penderita penyakit menular.
e. Kelompok Ilmiah Remaja ( KIR ), bertujuan untuk :
1). Melatih siswa berpikir kritis / ilmiah;
2). Melatih siswa terampil dalam menulis karya ilmiah;
3). Mengikutsertakan siswa dalam berbagai kompetisi / lomba IPTEK.
f. English Atmosphere bertujuan Melatih siswa untuk berkomunikasi aktif secara lisan dengan kompetensi dasar sebagai berikut :
a. Memperkenalkan diri maupun orang lain
b. Meminta dan memberi informasi tentang benda, orang maupun tempat kepada orang lain
c. Menyampaikan dan merespon ungkapan – ungkapan yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari.
d. Menceritakan kembali sebuah cerita
g. Keagamaan, Olahraga, serta Seni dan Budaya
Kegiatan Keagamaan :
1. Shalat Dhuha dan Shalat Dzuhur bejamaah
2. Do’a bersama
3. Budaya amal
4. Seni baca tulis al Qur’an dan Kaligrafi
5. Kajian keagamaan
Kompetensi Dasar Kegiatan Keagamaan :
1. Mampu melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah bagi siswa yang beragama Islam secara bergiliran setiap kelas berdasar jadwal
2. Mampu melaksanakan do’a bersama setiap hari Sabtu
3. Membiasakan / membudayakan amal (shodaqoh)
4. Mampu mengembangkan seni baca tulis al Qur’an dan Kaligrafi
5. Mampu mengikuti kajian keagamaan
Tujuan Kegiatan Keagamaan :
a. Mampu melaksanakan sholat dhuha dan shalat dzuhur berjamaah, sehingga kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada siswa agar dapat melaksanakan shalat berjamaah secara istiqomah
b. Mampu melaksanakan do’a berasma sehingga kegiatan ini dapat mewarnai qolbu siswa agar peduli terhadap sesama
c. Membudayakan amal, agar kegiatan ini dapat memberikan stimulus kepada siswa untuk membiasakan diri selalu beramal
d. Mampu mengembangkan kegiatan seni baca tulis al Qur’an dan Kaligrafi sehingga kegiatan ini dapat memberikan bekal life skill kepada siswa bidang seni baca tulis al Qur’an dan kaligrafi
e. Mampu menanamkan di dalam qolbu siswa untuk lebih mencintai al Qur’an dan gemar menulis huruf – huruf al Qur’an dengan baik dan benar
f. Mampu mempraktikkan ilmu tajwid, hukum bacaan nun mati (tanwin), dan mim mati pada QS al Fatihah, al Ikhlas, al Ashr, al Maun, al Fiil, az Zalzalah, dan al Bayyinah
g. Mampu mempraktikkan ilmu tajwid, hukum bacaan idghom mutaqaribain, idghom mutajanisain pada ayat-ayat pilihan
h. Mampu mempraktikkan ilmu tajwid, bacaan imalah, isymam, naql, tashil, dan bacaan saktah pada QS Hud ayat 41, QS Yusuf ayat 11, QS al Hujurat ayat 11, QS Fushshilat ayat 44, QS al Kahfi ayat 1, QS Yasin ayat 56, QS al Qiyamah ayat 27 dan QS Muthaffifin ayat 14
i. Mampu meningkatkan penghayatan terhadap nilai – nilai keagamaan yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari.
Kegiatan Olah raga :
Kegiatan olah raga meliputi senam, permainan, dan bela diri
Kompetensi dasar Bola Voli adalah :
a. Melakukan teknik dasar servis dengan kontrol yang baik
b. Melakukan teknik dasar passing atas dan bawah
c. Melakukan teknik dasar smash
d. Mengenal beberapa posisi dalam permainan bola voli
e. Mengordinasikan gerakan dengan teman satu tim
Kompetensi dasar Beladiri Pencak Silat adalah :
a. Mengetahui tata cara sebelum dan sesudah kegiatan dilaksanakan
b. Melakukan kuda – kuda dasar dengan baik
c. Melakukan teknik tangkisan dengan benar
d. Melakukan teknik pululan dengan benar
e. Melakukan teknik tendangan dengan benar
f. Melakukan kombinasi pukulan dan tendangan dengan benar
Kegiatan Seni Budaya
Mengembangkan seni budaya : seni rupa, olah vocal dan musik, seni tari dan teater;
Kompetensi dasar Seni Musik adalah :
a. Siswa dapat mengenal alat – alat musik tradisional di daerahnya
b. Siswa berlatih memainkan alat – alat musik tradisional (kentongan, gendang, dan alat musik lainnya)
c. Siswa berlatih memadukan musik dengan menyanyikan lagu – lagu daerah setempat
d. Siswa berlatih memainkan alat musik sambil menyanyikan lagu – lagu daerah setempat
e. Siswa berlatih alat –alat musik yang modern (gitar dan keyboard) dengan memadukannya dengan alat – alat musik tradisional.
h. Hidup budaya bersih, yang bertujuan untuk :
1). Melestarikan kebersihan ruangan kelas, lingkungan fasilitas sekolah dan
kebersihan pribadi.
2). Mendidik budaya kerindangan, perawatan taman dan bunga demi terwujudnya Bondowoso sebagai kota kembang.
i. Mekanisme Pelaksanaan :
1. Kegiatan pengembangan diri dilaksanakan pada hari efektif dan tidak mengurangi jam mata pelajaran, bila sangat terpaksa boleh dilaksanakan diluar jam efektif atau pada sore hari (jadwal terlampir)
2. Kegiatan pengembangan diri dibina oleh guru , tenaga kependidikan, praktisi, atau alumni yang memiliki loyalitas yang baik berdasarkan surat keputusan kepala sekolah.
4. Jadwal Kegiatan dan Alokasi Waktu
No.
NAMA KEGIATAN
HARI
WAKTU
1
Kegiatan Layanan Konseling
Masuk dalam Jadwal Pelajaran
1 jam setiap minggu/kelas
2
Keagamaan :
Sholat Dhuha
Shalat Duhur Berjamaah
Doa bersama dan budaya amal
Hadrah
Senin – Sabtu
Senin – Kamis
Jum’at
Kamis
06.30 - 07.00
Setelah pulang
sekolah
07.00 - 07.30
14.30 – 17.00
3
Kegiatan pramuka
Sabtu
14.30 – 17.00
4
Kegiatan Palang Merah Remaja
Jum’at
14.30 – 17.00
5
Penguatan Matematika dan sain
Rabu
14.30 – 17.00
6
Kegiatan Olah Raga dan Seni
a. Beladiri Tapak Suci
b. Sepak Bola
c. Bola Voli
d. Badminton
e.Tenis Meja
Jum’at
Rabu
Rabu
Senin
Selasa
14.30 – 17.00
14.30 – 17.00
14.30 – 17.00
14.30 – 17.00
14.30 – 17.00
7
Seni
a. Tari
b. Musik
c. Lukis
d. Teater
Selasa
Selasa
Selasa
Selasa
14.30 – 17.00
14.30 – 17.00
14.30 – 17.00
14.30 – 17.00
8
Budaya bersih lingkungan kelas , sekolah dan kerindangan
Senin-Sabtu
Jum’at
06.15 - 07.00
07.30 - 08.00
5. Penilaian
Kegiatan pengembangan diri dinilai secara kualitatif dan dilaporkan oleh guru pembina kepada kepala sekolah dan secara berkala kepala sekolah menyampaikan laporan kepada orang tua melalui wali kelas.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by PKS Piyungan