Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur Tahun 2014

Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur Tahun 2014

Selasa, 16 Agustus 2011

Latar Belakang dan Landasan Hukum | Pengantar KTSP 2010



A. LATAR BELAKANG
Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki potensi sentral untuk mengembangkan potensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ), yang selanjutnya disebut Kurikulum SMP Negeri 2 Tenggarang Kabupaten Bondowoso disusun dengan mengacu pada Standar Isi ( SI ) dan Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Penyusunan kurikulum SMP Negeri 2 Tenggarang Kabupaten Bondowoso berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ) dan ketentuan lain yang menyangkut kurikulum dalam Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Penyusunan Kurikulum juga berdasarkan manajemen berbasis sekolah dengan melibatkan Komite SMP Negeri 2 Tenggarang seiring dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang pelaksanaan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 dan Nomor 23 Tahun 2006 serta disyahkan oleh Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Bondowoso.
Penyusunan kurikulum ini sangat diperlukan untuk mengakomodasi semua potensi yang ada di lingkungan sekolah pada khususnya serta potensi yang melekat di Kabupaten Bondowoso dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, baik dalam bidang akademis maupun non akademis, demi terpeliharanya budaya daerah, mengikuti perkembangan IPTEK yang berlandaskan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
B LANDASAN / DASAR HUKUM
Ø Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)
Ø Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Ø Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI)
Ø Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Ø Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Implementasi Standar Isi dan SKL (Standar Kompetensi Lulusan) yang dilengkapi dengan panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)
Ø Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Ø Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
Ø Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan
Ø Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by PKS Piyungan