Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur Tahun 2014

Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur Tahun 2014

Kamis, 10 Oktober 2013

Agar Pelajar SMP Bondowoso Berprestasi | Pendidikan Bondowoso Maju



Selalu rangking 1, jadi pengurus OSIS, aktif di bela diri, kalo Olimpiade Sains bidang Fisika selalu menjuarai. Wah…, kalau kita bisa jadi pelajar seperti ini pasti asyiikkkk… Semua siswa pasti menginginkannya. Termasuk kalian juga khan????. Nah bagaimana agar belajar tetap nyantai, aktif di berbagai organisasi, dan prestasi tak pernah pergi? Pelajar SMP di Bondowoso pasti mendambakannya kan? Pendidikan di Bondowos bisa maju nanti loh. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu kita menjadi Pelajar Teladan yang diinginkan.

1. Belajar Menjadi Pemimpin
Menjadi pemimpin merupakan salah satu kunci sukses menjadi pelajar yang baik. Untuk belajar menjadi pemimpin, kita harus membiasakan diri sejak dini. Sebagai contoh, jangan ragu untuk mencalonkan diri sebagai ketua kelas. Contoh yang lain adalah selalu mengusulkan diri sendiri untuk menjadi ketua kelompok dalam setiap kesempatan dan selalu menjadi pembicara dan mewakili kelompok. Pokoknya urusan maju di depan selalu ngacung tangan dah. Perkara ditunjuk ya kesempatan menunjukkan kemampuan diri, kalo tidak ditunjuk minimal menunjukkan minat kita terhadap permasalahan tersebut.

2.  Menjadi Pendengar yang Baik
Kunci untuk menjadi pendengar yang baik bukan lah hal yang sulit. Kamu hanya perlu duduk, diam dan dengarkan. Namun, yang sering diabaikan adalah konsentrasi ke pelajaran. Karenanya, mulai sekarang, belajarlah untuk tetap berkonsentrasi pada pelajaran. So, mendengar itu akan lebih efektif karena banyak informasi yang disampaikan guru yang tidak ada di buku pelajaran.

3.  Jangan Malu untuk Bertanya
Bertanya merupakan satu kunci sukses menjadi pelajar yang baik. Dengan bertanya, kita akan dapat mengungkap kebingungan kita akan satu mata pelajaran. Selain itu, dengan bertanya, kita juga bisa lebih mendekatkan diri pada pengajar karena kebanyakan pengajar akan mengingat siswa yang sering bertanya. Malu bertanya nanti sesat gak tau kemana arah lohh.. Ada yang bingung atau kurang mengerti langsung tanya saja. Pasti dijawab koq sama guru.

4.  Jangan Pernah Mengabaikan Pekerjaan Rumah
Pekerjaan rumah tentu sangat penting. Karenanya, jangan pernah mengabaikan apalagi melupakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Mulai sekarang, jangan lupakan pekerjaan rumah dan selalu ingat untuk mengerjakannya. Biasakan juga mengerjakan PR benar-benar di rumah yaa.. Jangan di sekolah!

5.  Luangkan Waktu untuk Belajar
Belajar bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Karenanya, luangkan waktu untuk belajar paling tidak satu atau dua jam setiap harinya. Bawa buku kemana aja ya.. Kalau keberatan bisa bawa smartphone yang berisi ribuan informasi menunjang pelajaran.

6.  Istirahat dan Bermain yang Cukup
Beristirahat yang cukup tentu sangat diperlukan untuk tubuh. Selain itu, bermain juga bisa menjadi selingan agar pikiran tidak terlalu suntuk. Ada fakta menarik bahwa tidur setelah mempelajari sesuatu akan membuat kita lebih mudah ingat tentang pelajaran tersebut.

7.  Lebih Fokus Pada Mata Pelajaran yang Disuka
Memiliki mata pelajaran yang disuka bisa menjadi motivasi yang baik untuk lebih memahami satu mata pelajaran. Karenanya, jika kamu memiliki pelajaran yang disenangi, lebih baik kamu memfokuskan diri untuk lebih memperdalam. Tapi pelajaran lain jangan di lupakan yaa...! Nanti pas jarang masuk gara-gara gak senang pelajarannya.

8.  Mengikuti Ekstrakulikuler yang Diminati
Mengikuti ekstrakurikuler bisa menjadi salah satu cara untuk melampiaskan hobi dan kegemaran kamu. Karenanya, pilih salah satu ekstrakurikuler yang kamu minati. Dengan senang hati dan penuh kegembiraan, pengembangan diri atau ekstrakulikuler yang diikuti bisa menjadi ajang prestasi bagi kita.

9.  Mencari Pembimbing yang Cocok
Memiliki pembimbing bisa membantu kamu untuk lebih memperdalam mata pelajaran. Selain itu, pembimbing juga bisa membantu kamu saat sedang mengalami kesulitan dengan mata pelajaran. Kakak di rumah, orang tua atau kakak kelas yang pinter-pinter tuh diakrabi yaa..., hee.. Mereka pasti bantu kita koq. Apalagi kalo kita bawa makanan sebelum minta bimbingan atau bertanya, pasti dech dijawab, he..

10.  Hindari Kebiasaan Mencontek
Salah satu kebiasaan yang paling merugikan adalah mencontek. Sebisa mungkin hindari untuk mencontek, apa lagi pada saat ujian. Biasakan untuk mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Dengan kebiasaan ini, kamu bisa menjadi pelajar yang sukses. Apalagi kalo yang dicontek sama-sama tidak tahu, rugi bro...!!! Mending hasil sendiri saja, meskipun nilainya besar tapi memuaskan, hee... Belajar jujur yaa... !!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by PKS Piyungan