Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur Tahun 2014

Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur Tahun 2014

Rabu, 14 Mei 2014

Ada Musabaqah Syarhil Qur’an di Espara

Kali ini, OSIS SMP Negeri 2 Tenggarang bidang ketakwaan bekerja sama dengan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Guru Baca Tulis Qur'an (BTQ) dan Espara Mengaji, mengadakan Musabaqah Syarhil Al Qur'an. Kegiatan tersebut digagas untuk memperingati Isra' dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1435 H. Musabaqah Syarhil Al Qur'an tergolong lomba baru di Espara, untuk itu kita lihat apa itu MSQ.
  • Musabaqah  Syarhil Qur’an adalah bidang musabaqah yang mengungkapkan isi kandungan Al-Qur’an  dengan cara menampilkan bacaan, puitisasi/terjemah dan uraian yang menunjukan  kesatuan yang serasi.
  • Peserta  terdiri atas tiga orang (boleh laki-laki semua atau perempuan semua atau  campuran), seorang pembaca ayat, seorang pembaca terjemah/puitisasi, dan  seorang pengungkap isi kandungan Al-Qur’an.
  • Materi  musabaqah adalah berbagai topik yang memiliki landasan ayat-ayat Al-Qur’an yang  terdiri atas aqidah, ibadah, akhlak, kemasyarakatan/muamalah, dan lainnya.
untuk contoh video bisa cari di youtube ya...

Tahapan  Musabaqah

Persiapan
Tahap ini dawali dengan  pendaftaran regu dan penentuan urutan tampil. Adapun penentuan topik bahasan  ditetapkan sehari sebelum tampil.

Pelaksanaan

  1. Peserta  tampil berdasarkan nomor urut tampil.
  2. Waktu  penampilan selama 15 – 17 menit (menunggu technicaal meeting ya...)

Tata cara  penampilan 

  1. Setiap  peserta tampil di panggung secara bersama dalam satu regu 
  2. Ucapan salam  disampaikan oleh pensyarah di awal dan diakhir penampilan 
  3. Urutan  penyajian adalah pembaca ayat, penerjemah, dan pensyarah. Pensyarah bisa  berfungsi sebagai pengatur teknik panggung
Babak Final (menunggu technicaal meeting untuk teknis lebih lanjut)

  1. Penentuan  regu yang masuk babak final berdasakan perolehan nilai tertinggi, yaitu  sebanyak 3 (tiga) regu
  2. Materi pokok  bahasan (topik) diberikan paling cepat 5 (lima) jam sebelum tampil dengan  diundi dan materi (Topik) tersebut berbeda dengan yang disajikan pada babak  penyisihan
  3. Majelis  Hakim menentukan nilai regu berdasarkan urutan nilai tertinggi.
Tema MSQ kali ini adalah tentang Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Naskah MSQ bisa saja diposting tapi banyak. Untuk itu bisa langsung downlod saja ya.. Di sini --> Naskah Musabaqah Syarhil Al Qur'an (MSQ)



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by PKS Piyungan