Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur Tahun 2014

Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur Tahun 2014

Sabtu, 14 Juni 2014

Bila Kamu Tidak Lulus..?!?!

Sahabat, kepastian LULUS/TIDAK LULUS memang menjadi hal yang sangat ditunggu. Tidak saja siswa, orang tua siswa juga tidak tenang, resah, dan gelisah sebelum ada bukti LULUS/TIDAK LULUS putra/putrinya. Jika nanti ternyata lulus, itu adalah anugrah Tuhan semata. Dan bila tidak lulus, itu ujian yang harus disikapi dengan benar.
Berikut ini ada 4 hal yang bisa kamu lakukan apabila ternyata tidak lulus :


1. Mental

Bagi anak-anak khususnya yang tidak lulus ujian nasional pasti akan merasa sedih, malu bahkan deptresi. Terlebih lagi jika yang tidak lulus ternyata siswa-siswi yang terbilang cukup berprestasi. Mental dan kejiwaan sang anak bisa terguncang maka dalam hal ini peran keluarga terutama orang tua diharapkan bisa menerima dan melakukan pendekatan dengan baik agar sang anak tidak tambah stres.

2. Mengulang atau Kejar Paket

Buat anak yang tidak lulus UN saat ini sudah tidak ada lagi ujian ulang atau remedial seperti beberapa tahun silam. Siswa-siswi yang tidak lulus UN harus mengulang lagi dikelas tiga untuk mengikuti UAN tahun depan. Atau kamu bisa mengambil program Paket B untuk bisa melanjutkan sekolah jika tidak mau mengulang lagi di kelas tiga.

3. Mendekatkan Diri dan Berdoa

Buat kamu yang tidak lulus agar mendapatkan ketenangan jiwa kamu bisa melakukan kegiatan keagamaan seperti berdoa, beribadah, mendekatkan dan berserah diri kepada Tuhan. Serta melakukan kegiatan positif yang bisa membuat kamu tidak larut dalam kesedihan.

4. Berpikir Positif

Harus berfikir positif kalau tidak lulus dalam Ujian Nasional bukanlah akhir dari segalanya. Justru kamu bisa mengambil banyak pelajaran dari kegagalan yang terjadi. Memang hal ini tidak mudah maka peran lingkungan seperti keluarga dan teman harus memberikan suport yang besar. 

dari LintasMe

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by PKS Piyungan